No
|
Kegiatan
|
Bulan ke
|
|||||||
1
|
2
|
3
|
4
|
5
|
6
|
7
|
8
|
||
1
|
Penyusunan proposal
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
2
|
Diskusi Proposal
|
√
|
|
|
|
|
|
|
|
3
|
Memasuki lapangan
-
Grandtour
-
Minitour question
-
Analisis domain
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
|
4
|
Menentukan fokus
-
Minitour question
-
Analisis taksonomi
|
|
√
|
√
|
|
|
|
|
|
5
|
Tahap Selection
-
Struktual question
-
Analisis komponen
|
|
|
√
|
√
|
√
|
|
|
|
6
|
Uji keabsahan data
|
|
|
|
|
√
|
√
|
|
|
7
|
Membuat draf laporan penelitian
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
√
|
8
|
Diskusi draf laporan penelitian
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
9
|
Penyempurnaan laporan
|
|
|
|
|
|
|
√
|
√
|
Senin, 05 November 2012
Proposal skripsi
Proposal Penelitian Eksperimen
Judul
Studi Tentang Penggunaan Media
Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap
aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian
Elektronika Industri.
I.
Pendahuluan
A.
Latar
belakang
Pendidikan sebagai
salah satu sektor paling penting dalam pembangunan nasional yaitu untuk
meningkatkan sumber daya manusia yang terampil, kreatif, dan aktif yang sesuai
dengan tuntutan dan keinginan bangsa Indonesia pada saat ini. Dalam pelaksanannya
proses belajar mengajar untuk teori dan pelajaran praktek dipadukan dalam satu
kegiatan belajar, begitu pula dalam mata pelajaran Rangkaian Listrik dan
Elektronika, yang merupakan salah satu program produktif.
Berdasarkan hasil
pengamatan yang diperoleh penulis di SMK Negeri 2 Singosari, penulis melihat
bahwa kecenderungan dalam proses pelaksanaan praktikum sering terkendala karena
kurang ketersedianya alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum itu sendiri.
Seiring dengan perkembangan teknologi, kegiatan praktikum saat ini mulai dapat
dibantu oleh komputer yang menyediakan berbagai software aplikasi salah satunya Software
aplikasi rangkaian listrik (Multisim).
Software
aplikasi rangkaian listrik (Multisim) ini merupakan suatu media yang sangat cocok
sekali digunakan untuk simulasi rangkaian listrik baik AC maupun DC karena di
dalam software ini terdapat berbagai
macam tipe komponen dan berbagai jenis alat ukur, sehingga sangat memungkinkan
sekali untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan perancangan suatu
rangkaian elektronik hingga proses pengukur arus, tegangan, bentuk sinyal dan
lain-lain.
Dalam melakukan
praktikum listrik DC maupun AC
seringkali terjadi masalahmasalah yang dapat menghalangi kegiatan
praktikum itu sendiri, yaitu: (1) keterbatasan alat dan bahan dalam praktikum,
(2) kesalahan pengukuran yang menimbulkan kerusakan alat ukur, dan (3) kesalahan
dalam merangkai rangkaian. Sehingga dalam prakteknya, penggunaan media ini diharapkan masalah-masalah seperti yang
tersebut diatas dapat terminimalisir. Selain itu, menggunakan software aplikasi ini dapat menghemat waktu
dan biaya karena ketika akan merangkai sebuah rangkaian elektronik tidak perlu
membeli alat dan bahan sebab sudah terlengkapi di library dan measure software aplikasi
multisim ini.
Berdasarkan uraian di
atas penulis terdorong untuk melakukan penelitian yang berbentuk eksperimen
dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yang
dipilih sebagai sampel. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen yang
diberikan media pembelajaran bebasis software aplikasi rangkaian listrik (multisim)
dan keompok kedua yang tidak diberikan media pembelajaran bebasis software
aplikasi rangkaian listrik (multisim) sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini
penulis berjudul sebagai berikut:
“Studi
Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian
Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2
Singosari program keahlian Elektronika Industri”.
B.
Rumusan
Masalah
Seberapa
Besar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi
Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK
Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri.
C.
Tujuan
Penelitian
Penelitian ini
bertujuan untuk: (1) mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software
Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di
SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri, (2) meningkatkan
ketrampilan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK)
D.
Manfaat
Penelitian
Hasil
penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1. Bagi
penulis, dalam penelitian ini diharapkan dapat memperoleh informasi tentang
hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembeljaran berbasis masalah
dan ekspositori serta dapat membandingkannya.
2. Bagi
Guru, manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam
penggunaan media pembelajaran bebasis software aplikasi (Multisim) dalam
kegiatan praktikum rangkaian listrik dan elektronika.
3.
Bagi Peserta didik, dalam melakukan
suatu praktikum listrik DC maupun AC
seringkali terjadi masalah-masalah yang dapat menghalangi kegiatan
praktikum itu sendiri, yaitu: (1) keterbatasan alat dan bahan dalam praktikum,
(2) kesalahan pengukuran yang menimbulkan kerusakan alat ukur (3) kesalahan
dalam merangkai rangkaian
Sehingga
dalam prakteknya, penggunaan media ini
diharapkan masalah-masalah seperti yang tersebut diatas dapat terminimalisir.
Selain itu, menggunakan software
aplikasi ini dapat menghemat waktu dan biaya karena ketika kita akan merangkai
sebuah rangkaian elektronik tidak perlu lagi membeli alat dan bahan sebab sudah
terlengkapi di library dan measure software aplikasi multisim ini.
II.
STUDI
KEPUSTAKAAN
A.
Media
Pembelajaran
B.
Prestasi
belajar
C.
……..
III.
METODE
PENELITIAN
A.
Metode
dan Alasan menggunakan metode eksperimen
Penelitian
eksperimen yang berjudul “Studi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis
Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta
didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri”.
Alasan
menggunakan metode eksperimen dalam penelitian ini yaitu: (1) Permasalahan
belum jelas, (2) holistic, (3) kompleks, (4) dinamis dan (5) penuh makna. Sehingga
tidak mungkin data pada situasi pembelajaran tersebut dijaring menggunakan
metode kuantitatif dengan instrument seperti test, kuisioner, dan pedoman
wawancara. Selain itu penelitian ini dimaksudkan untuk memahami situasi
pembelajaran secara keseluruhan, menentukan pola, hipotesis dan landasan teori
yang cocok untuk kegiatan penelitian ini.
B. Tempat Penelitian
Tempat
yang digunakan dalam penelitian ini fokus pada satu lembaga pendidikan yaitu SMK
Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri, karena kesesuain
antara pengaruh media pembelajaran yang akan diteliti dengan program keahlian
yang relevan yaitu Keahlian Elektronika Industri.
C.
Instrumen
Penelitian
Instrumen dalam
penelitian ini adalah (1) Peneliti, (2) Guru kompetensi dan (3) Peserta Didik SMK
Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri
D.
Sampel
Sumber Data
Peserta
Didik SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri kelas XII
dan XIII. Eksperimen dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua
kelompok siswa yang dipilih sebagai sampel. Kelompok pertama yaitu kelas XII
sebagai kelompok eksperimen yang diberikan media pembelajaran bebasis software
aplikasi rangkaian listrik (multisim) dan kelompok kedua yaitu kelas XIII yang tidak diberikan media pembelajaran
bebasis software aplikasi rangkaian listrik (multisim) sebagai kelompok
control.
E. Teknik Pengumpulan Data
Penelitian
ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melihat prestasi belajar siswa
dan menjaring menggunakan instrument seperti test, kuisioner, dan pedoman
wawancara yang diajukan kepada peserta didik SMK Negeri 2 Singosari program
keahlian Elektronika Industri baik kelas XII dan XIII.
F.
Teknik
Analisis Data
Teknik analisis data
yang akan dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Tahap pertama yaitu
memasuki lapangan (SMK Negeri 2 Singosari) dengan grand tour dan minitour
question, dengan analisis domain. Tahap kedua adalah menentukan focus,
teknik pengumpulan data dengan minitour
question, analisis data dilakukan dengan taksonomi yang meliputi afektif,
psikomotorik, dan kognifif (yang paling utama), tahap ketiga adalah tahap
selection, yaitu dengan pengajuan pertanyaan struktual, selanjutnya menganalisis
komponen-komponen yang berpengaruh dari penggunaan software aplikasi.
IV.
ORGANISASI
DAN JADWAL PENELITIAN
Jadwal Penelitian
V.
BIAYA
YANG DIPERLUKAN
…………………………………………………………………….
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
0 komentar:
Posting Komentar