#menubar{ width:900px; margin-top:5px; float:center; background:#de360f; height:35px; border:1px solid #de360f; } #menubar-left{ float:left; width:900px; padding-top:1px; } #menubar ul{ position:relative; overflow:hidden; padding:0; margin:0; font-weight:none; font-size:12px; } #menubar li{ cursor:pointer; float:left; margin:0 padding:0; height:32px; } #menubar ul li{ float:left; list-style:none } #menubar ul li a{ border-right:1px solid #F0512D; float:left; padding: 9px 12px; text-decoration:none; color: #ffffff; font-weight:bold; font-size:14px; font-family: Calibri; } #menubar ul li a:hover{ background:transparent; color: #ffa500; } #menubar ul li a.current, #menubar ul li a.current:visited, #menubar ul li a.current:hover{ color:#ffa500; }

Senin, 05 November 2012

Proposal skripsi


Proposal Penelitian Eksperimen
Judul
Studi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri.

I.            Pendahuluan
A.    Latar belakang
Pendidikan sebagai salah satu sektor paling penting dalam pembangunan nasional yaitu untuk meningkatkan sumber daya manusia yang terampil, kreatif, dan aktif yang sesuai dengan tuntutan dan keinginan bangsa Indonesia pada saat ini. Dalam pelaksanannya proses belajar mengajar untuk teori dan pelajaran praktek dipadukan dalam satu kegiatan belajar, begitu pula dalam mata pelajaran Rangkaian Listrik dan Elektronika, yang merupakan salah satu program produktif.
Berdasarkan hasil pengamatan yang diperoleh penulis di SMK Negeri 2 Singosari, penulis melihat bahwa kecenderungan dalam proses pelaksanaan praktikum sering terkendala karena kurang ketersedianya alat dan bahan yang digunakan untuk praktikum itu sendiri. Seiring dengan perkembangan teknologi, kegiatan praktikum saat ini mulai dapat dibantu oleh komputer yang menyediakan berbagai software aplikasi salah satunya Software aplikasi rangkaian listrik (Multisim).
Software aplikasi rangkaian listrik (Multisim) ini merupakan suatu media yang sangat cocok sekali digunakan untuk simulasi rangkaian listrik baik AC maupun DC karena di dalam software ini terdapat berbagai macam tipe komponen dan berbagai jenis alat ukur, sehingga sangat memungkinkan sekali untuk mempermudah peserta didik dalam melakukan perancangan suatu rangkaian elektronik hingga proses pengukur arus, tegangan, bentuk sinyal dan lain-lain.
Dalam melakukan praktikum listrik DC maupun AC  seringkali terjadi masalah­masalah yang dapat menghalangi kegiatan praktikum itu sendiri, yaitu: (1) keterbatasan alat dan bahan dalam praktikum, (2) kesalahan pengukuran yang menimbulkan kerusakan alat ukur, dan (3) kesalahan dalam merangkai rangkaian. Sehingga dalam prakteknya, penggunaan media  ini diharapkan masalah-masalah seperti yang tersebut diatas dapat terminimalisir. Selain itu, menggunakan software aplikasi ini dapat menghemat waktu dan biaya karena ketika akan merangkai sebuah rangkaian elektronik tidak perlu membeli alat dan bahan sebab sudah terlengkapi di library dan measure software aplikasi multisim ini.
Berdasarkan uraian di atas penulis terdorong untuk melakukan penelitian yang berbentuk eksperimen dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yang dipilih sebagai sampel. Kelompok pertama sebagai kelompok eksperimen yang diberikan media pembelajaran bebasis software aplikasi rangkaian listrik (multisim) dan keompok kedua yang tidak diberikan media pembelajaran bebasis software aplikasi rangkaian listrik (multisim) sebagai kelompok kontrol. Penelitian ini penulis berjudul sebagai berikut:
“Studi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri”.

B.     Rumusan Masalah
Seberapa Besar Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri.

C.    Tujuan Penelitian
Penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengetahui Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri, (2) meningkatkan ketrampilan Pembelajaran Berbasis Komputer (PBK)

D.    Manfaat Penelitian
Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan manfaat sebagai berikut:
1.      Bagi penulis, dalam penelitian ini diharapkan dapat memperoleh informasi tentang hasil pembelajaran siswa dengan menggunakan model pembeljaran berbasis masalah dan ekspositori serta dapat membandingkannya.
2.      Bagi Guru, manfaat dari penelitian ini diharapkan menjadi bahan pertimbangan dalam penggunaan media pembelajaran bebasis software aplikasi (Multisim) dalam kegiatan praktikum rangkaian listrik dan elektronika.
3.        Bagi Peserta didik, dalam melakukan suatu praktikum listrik DC maupun AC  seringkali terjadi masalah-­masalah yang dapat menghalangi kegiatan praktikum itu sendiri, yaitu: (1) keterbatasan alat dan bahan dalam praktikum, (2) kesalahan pengukuran yang menimbulkan kerusakan alat ukur (3) kesalahan dalam merangkai rangkaian
Sehingga dalam prakteknya, penggunaan media  ini diharapkan masalah-masalah seperti yang tersebut diatas dapat terminimalisir. Selain itu, menggunakan software aplikasi ini dapat menghemat waktu dan biaya karena ketika kita akan merangkai sebuah rangkaian elektronik tidak perlu lagi membeli alat dan bahan sebab sudah terlengkapi di library dan measure software aplikasi multisim ini.


II.                STUDI KEPUSTAKAAN
A.    Media Pembelajaran
B.     Prestasi belajar
C.    ……..


III.             METODE PENELITIAN
A.      Metode dan Alasan menggunakan metode eksperimen
Penelitian eksperimen yang berjudul “Studi Tentang Penggunaan Media Pembelajaran Bebasis Software Aplikasi Rangkaian Listrik (Multisim) terhadap aspek kognitif peserta didik di SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri”.
Alasan menggunakan metode eksperimen dalam penelitian ini yaitu: (1) Permasalahan belum jelas, (2) holistic, (3) kompleks, (4) dinamis dan (5) penuh makna. Sehingga tidak mungkin data pada situasi pembelajaran tersebut dijaring menggunakan metode kuantitatif dengan instrument seperti test, kuisioner, dan pedoman wawancara. Selain itu penelitian ini dimaksudkan untuk memahami situasi pembelajaran secara keseluruhan, menentukan pola, hipotesis dan landasan teori yang cocok untuk kegiatan penelitian ini.

B.       Tempat Penelitian
Tempat yang digunakan dalam penelitian ini fokus pada satu lembaga pendidikan yaitu SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri, karena kesesuain antara pengaruh media pembelajaran yang akan diteliti dengan program keahlian yang relevan yaitu Keahlian Elektronika Industri.

C.      Instrumen Penelitian
Instrumen dalam penelitian ini adalah (1) Peneliti, (2) Guru kompetensi dan (3) Peserta Didik SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri

D.      Sampel Sumber Data
Peserta Didik SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri kelas XII dan XIII. Eksperimen dengan memberikan dua perlakuan yang berbeda terhadap dua kelompok siswa yang dipilih sebagai sampel. Kelompok pertama yaitu kelas XII sebagai kelompok eksperimen yang diberikan media pembelajaran bebasis software aplikasi rangkaian listrik (multisim) dan kelompok kedua yaitu kelas XIII  yang tidak diberikan media pembelajaran bebasis software aplikasi rangkaian listrik (multisim) sebagai kelompok control.

E.       Teknik Pengumpulan Data
Penelitian ini menggunakan teknik pengumpulan data dengan melihat prestasi belajar siswa dan menjaring menggunakan instrument seperti test, kuisioner, dan pedoman wawancara yang diajukan kepada peserta didik SMK Negeri 2 Singosari program keahlian Elektronika Industri baik kelas XII dan XIII.

F.       Teknik Analisis Data
Teknik analisis data yang akan dilakukan bersamaan dengan pengumpulan data. Tahap pertama yaitu memasuki lapangan (SMK Negeri 2 Singosari) dengan grand tour dan minitour question, dengan analisis domain. Tahap kedua adalah menentukan focus, teknik pengumpulan data dengan minitour question, analisis data dilakukan dengan taksonomi yang meliputi afektif, psikomotorik, dan kognifif (yang paling utama), tahap ketiga adalah tahap selection, yaitu dengan pengajuan pertanyaan struktual, selanjutnya menganalisis komponen-komponen yang berpengaruh dari penggunaan software aplikasi.

IV.             ORGANISASI DAN JADWAL PENELITIAN
Jadwal Penelitian
No
Kegiatan
Bulan ke
1
2
3
4
5
6
7
8
1
Penyusunan proposal







2
Diskusi Proposal







3
Memasuki lapangan
-            Grandtour
-            Minitour question
-            Analisis domain






4
Menentukan fokus
-            Minitour question
-            Analisis taksonomi






5
Tahap Selection
-            Struktual question
-            Analisis komponen





6
Uji keabsahan data






7
Membuat draf laporan penelitian





8
Diskusi draf laporan penelitian






9
Penyempurnaan laporan








V.                BIAYA YANG DIPERLUKAN
…………………………………………………………………….

0 komentar:

Posting Komentar